Makalah Sejarah Komputer

DAFTAR ISI

BAB I     PENDAHULUAN..      2

  1. Latar Belakang.   2
  2.    Rumusan Masalah.   2
  3. Tujuan Penulisan.   3

BAB II   PEMBAHASAN..      4

  1. Pengertian Komputer   4
  2. Sejarah Komputer Menurut Periode/Generasi   5

1.Komputer Generasi Pertama (1940 – 1950).        5

2.Komputer Generasi Kedua (1955 – 1960).        5

3.Komputer Generasi Ketiga (1961).        6

4.Komputer Generasi Keempat (1971).        6

5.Komputer Generasi Kelima (1980-tahap perkembangan).        7

  1. Perangkat Keras Komputer (Hardware)   7
  2. Perangkat Lunak (Software)   8

BAB III   PENUTUP.    10

  1. Kesimpulan.   10
  2. Saran.   10

DAFTAR PUSTAKA..    11

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1 Komputer Generasi Pertama………………………………………………………………      6

Gambar 2 Komputer Generasi Kedua…………………………………………………………………      6

Gambar 3 Komputer Generasi Ketiga…………………………………………………………………      7

Gambar 4 Komputer Generasi Keempat……………………………………………………………..      7

BAB I

PENDAHULUAN

A.                Latar Belakang

Pada zaman dahulu, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia.Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu dalam penghitungan dan pengolahan data agar dapat mendapatkan hasil lebih cepat.Komputer saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan manusia sejak dahulu kala dimana terciptanya komputer diawali dengan perkembangan alat hitung. Alat hitung tertua yang sekarang masih digunakan adalah sempoa, yang muncul sekitar beberapa ribuan tahun yang lalu di Asia.

Zaman modern ini hampir setiap pekerjaan manusia bergantung pada komputer misalnya, di kantor, sekolah, rumah dan dimanapun mereka membutuhkannya . Hal itu semua dipengaruhi karena adanya teknologi, dimana teknologi informasi merupakan teknologi yang dipergunakan untuk mengelola data dengan berbagai macam cara dan prosedur guna menghasilkan informasi yang berkualitas dan bernilai guna tinggi. Perkembangan TIK pun terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Dalam bidang pendidikan, TIK banyak memiliki peranan. Teknologi Informasi seakan telah menjadi pengalihfasihan buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya masih bersifat konvensional. Teknologi Informasi menyebabkan ilmu pengetahuan menjadi kian berkembang dan berkembang. Sehingga masyarakat berbondong-bondong membeli gadget untuk memenuhi segala kebutuhannya.

B.    Rumusan Masalah

  1. Apakah pengertian komputer?
  2. Bagaimana sejarah perkembangan komputer?
  3. Apa saja perangkat-perangkat hardware?
  4. Apa saja perangkat-perangkat software?

C.   Tujuan Penulisan

  1. Mengetahui pengertian komputer yang sesuai istilah
  2. Mengetahui sejarah komputer yang sampai saat ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.
  3. Mengetahui apa saja jenis-jenis perangkat hardware
  4. Mengetahui apa saja jenis-jenis perangkat software

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

  1. Pengertian Komputer

Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Dalam pengertiannya, komputer adalah perangkat yang membantu manusia dalam melakukan berbagai macam perhitungan. Dalam hal ini, komputer pertama yaitu sempoa yang digunakan untuk melakukan operasi artimatika dasar.

Dalam sejarah dan perkembangan komputer, Sempoa atau Abacus merupakan awal dari lahirnya komputer. Komputer dalam melakukan prosesnya berbentuk elektronik, yang memungkinkan untuk melakukan perhitungan yang lebih luas dan cepat. Hingga saat ini komputer dapat memproses gambar, suara, teks dan bentuk non-numerik data lainnya. Yang perlu diingat semuanya itu tidak lepas dari perhitungan numerik dasar. Gambar, suara dan lainnya hanyalah sebuah abstaksi dari angka-angka yang berderak di dalam sebuah mesin. Dalam komputer angka-angka tersebut yaitu “1” dan “0” yang mewakili kombinasi listrik aktif dan non-aktif. Dengan kata lain setiap gambar, suara, teks dan lainnya di dalam komputer memiliki kode biner yang sesuai

Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang computer sebagai kesimpulannya.

  1. Sejarah Komputer Menurut Periode/Generasi
  1. Komputer Generasi Pertama (1940 – 1950)

Gambar 1 Komputer Generasi Pertama

Komputer Generasi Pertama menggunakan beberapa tabung vakum yang besar dan kompleks seperti crystal diodes, relays, resistors, dan capacitors yang membutuhkan daya listrik sebesar 150 kilowatt. Komputer elektronik pertama yang digunakan untuk umum yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer).

  1. Komputer Generasi Kedua (1955 – 1960)

Gambar 2 Komputer Generasi Kedua

Komputer Generasi Kedua muncul setelah ditemukannya transistor, yang kemudian mulai mengganti tabung vakum dalam desain komputer. Dengan transistor, daya, panas dan bentuk jauh lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama.

  1. Komputer Generasi Ketiga (1961)

Gambar 3 Komputer Generasi Ketiga

Penemuan Integrated Circuits (IC), membuka jalan untuk komputer generasi ketiga atau yang kita kenal dengan komputer sekarang ini. Berbentuk jauh lebih kecil dengan generasi komputer sebelumnya, dengan transistor yang lebih banyak dan dibenamkan ke dalam microchips tunggal. Dalam tahap perkembangannya, komputer generasi kedua masih bertahan.

  1. Komputer Generasi Keempat (1971)

Gambar 4 Komputer Generasi Keempat

Microchips berbasis Central Processing Unit (CPU) pertama, terdiri dari beberapa microchips untuk komponen CPU yang berbeda. Dorongan untuk integrasi semakin besar dan miniasturisasi dipimpin menuju single-chip CPU, di mana semua komponen CPU yang diperlukan dimasukkan ke sebuah microchips tunggal yang disebut microprocessor. Microprocessor pertama yaitu Intel 4004.

  1. Komputer Generasi Kelima (1980-tahap perkembangan)

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL mampu memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

 

  1. Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Perangkat keras komputer (hardware) adalah benda nyata yang bisa disentuh, dan dilihat dan fungsinya adalah untuk membantu proses komputerisasi.. Jenis – jenis hardware antara lain memory, hard disk, motherboard, mouse, keyboard, dll.

Hardware dapat dibagi menjadi 5 yaitu.

  • Unit masukan (Input Device)

Unit masukan adalah hardware yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah untuk nantinya diolah oleh komputer sebelum menjadi sebuah informasi. Input device dibagi menjadi beberapa bagian yaitu, input suara, input gambar. Contoh dari hardware unit  masukan adalah Keyboard, Mouse, dan Scanner.

  • Perangkat Pengolah Data (Processor)

Perangkat ini biasa disebut dengan Central Processing Unit (CPU). CPU adalah otak dari komputer yang berfungsi sebagai pengolah data sehingga menjadi sebuah informasi.

Didalam processor ada 3 hal yang penting yang perlu diperhatikan.

  1. Primary Storage : ukuran besarnya possessor yang biasa disebut main memory
  2. Arithmatic and logic unit : suatu alat yang bertugas melakukan operasi penghitungan dan logika komputer.
  3. Control Unit : suatu alat pengontrol yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan di dalam primary storage.
  • Unit Keluaran ( Output Device )

Unit keluaran atau Output device adalah perangkat keras komputer yang berguna untuk menampilkan hasil proses dari processing unit berupa tampilan gambar maupun suara. Beberapa contoh dari Output device adalah Monitor, Printer, Speaker.

  • Unit Penyimpanan (storage device)

Unit penyimpanan (Storage Device) adalah suatu media yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen dan dalam jangka waktu yang lama sehingga data tersebut sewaktu-waktu dapat dibuka dan dibaca lagi. beberapa macam Storage device yaitu: Hard Disk, Disket (Floppy Disk), Compact Disk (CD), dan USB Flash drive.

  • Peripheral device (komponen pelengkap)

Peripheral device merupakan perangkat-perangkat tambahan pada komputer. Tanpa komponen peripheral device sebenarnya sebuah komputer sudah bisa difungsikan, akan tetapi dengan adanya perangkat tambahan, maka sebuah komputer akan semakin optimal. Contoh dari peripheral device yaitu Speaker (sound system), Joystick (tuas kontrol), Microphone.

  1. Perangkat Lunak (Software)

Software adalah perangkat lunak yang tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun bisa untuk dioperasikan. Software dibentuk dari sebuah kode biner yang kemudian dikemas dalam sebuah bahasa mesin, bahasa assembler, bahasa C. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah dan jenis software komputer dibagi menjadi software sistem operasi dan aplikasi.

  1. Software sistem operasi

Dalam software sistem operasi memiliki 2 fungsi yaitu:

  • Pengelolaan seluruh sumber daya sistem komputer (resource manager) baik berupa fisik maupun non fisik.
  • Sistem operasi sebagai penyedia layanan ke pengguna komputer sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan pemanfaatan sumber daya sistem komputer.
  1. Software Aplikasi

Software aplikasi adalah software program yang memiliki aktivitas pemprosesan perintah yang diperlukan untuk melaksankan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu. Software aplikasi terdiri dari bahasa pemrogaman, program aplikasi, paket aplikasi, utilities dan permainan maupun multimedia.

Saat pertama kali komputer dibuat sekitar tahun 1940-an, bahasa yang digunakan bahasa mesin yang merupakan bahasa tingkat rendah. Bahasa ini dibentuk dengan kode-kode mesin yaitu menghubungkan antar sirkuit yang bahasanya sulit untuk dipelajari. Untuk itu maka terbentuklah bahasa tingkat menengah untuk menanganinyayang berupa assembly. Namun assembly dianggap kurang terstruktur dan tidak efisien maka tahun 1957 terbentuklah bahasa tingkat tinggi, berupa FORTRAN.FORTRAN digunakan pada komputer IBM 704, hingga tahun 1962 versi FORTRAN IV mulai digunakan pada komputer IBM 7030. Dan pada tahun 1978 keluar FOTRAN 77 yang distandardisasi oleh ANSI (American National Standard Institude).

BAB III

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Komputer adalah sebuah mesin elektronik yang sangat berguna pada zaman dahulu maupun sekarang.DimanaSejarah komputer dimulai lebih dari 5000 tahun yang silam di Cina, hal ini ditandai dengan adanya abacus yaitu sebuah alat sederhana untuk melakukan perhitungan. Sehingga berkembanglah komputer menjadi 5 (lima) generasi yaitu :

  • Komputer Generasi Pertama (tahun 1940-1959)
  • Komputer Generasi Dua (tahun 1959-1964)
  • Komputer Generasi Tiga (tahun 1964-1970)
  • Komputer Generasi Empat (sejak 1970-1980an)
  • Komputer Generasi Lima (tahun 1980an-sekarang dalam tahap perkembangan)

Dari generasi pertama ke generasi selanjutnya selalu mengalami perubahan-perubahan menuju ke program komputer yang baik maupun canggih. Hanya perubahan teknologi mendatang yang mampu mengidentifikasi bagaimana komputer maupun fungsinya di masa yang akan datang.

  1. Saran

Dari kesimpulan diatas bahwa komputer merupakan aset terpenting dalam memenuhi kebutuhan setiap manusia, maka sebagai mahasiswa penentu dari kemajuan atau kemerosotan bangsa, hendaknya memberikan makna, pemahaman maupun penjelasan secara rinci bagaimana perkembangan komputer dan manfaat dalam pengaksesannya.

DAFTAR PUSTAKA

http://duniabaca.com/pengertian-komputer-dan-sejarah-komputer.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Corel

http://www.ksaday.com/2012/03/sejarah-komputer-dan-perkembangan.html

Diknas.Kurikulum 2004 Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Budi Permana.2000.Sejarah Komputer.Jakarta: Exel Media Komputindo.

Supriyanto, Ali.2005.Pengantar Teknologi Informasi.Jakarta:Salemba Infotek.

Tinggalkan komentar